Biografi Warren Buffett, Perjalanan Hidup Sang Investor Legenda

biografi warren buffett

 

Biografi Warren Buffett – Nama Warren Buffett tidak bisa dilepaskan dari dunia investasi dunia. Pencapaiannya dalam dunia investasi yang besar membuatnya mendulang keuntungan yang cukup besar. Dia juga dipercaya oleh banyak orang untuk menangani perusahaan yang nyaris bangkrut atau performanya turun agar bisa bangkit dan mendapat profit yang berlipat-lipat.

Warren Buffett juga seorang filantropis. Dia mendonasikan cukup banyak keuntungannya untuk kegiatan amal. Bagi dia, uang yang banyak tidak akan berguna kalau didiamkan begitu saja. Dia ingin memberikan manfaat pada orang lain karena merasa selalu beruntung dalam hidupnya.  Berikut biografi Warren Buffett yang akan membuat kita belajar banyak hal.

 

Kehidupan Awal dan Pendidikan Warren Buffett

Warren Edward Buffett lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Dia anak dari seorang pria bernama Howard Buffett yang merupakan pialang pada pasar saham dan ibu bernama Leila Buffett. Hidup di keluarga yang berkutat dengan dunia saham membuat Warren mulai tertarik pada dunia itu sejak kecil.

Dia sering sekali mengamati ayahnya yang sedang bekerja di kantor. Dia juga sering menuliskan angka-angka pada papan yang berisik prediksi-prediksi saham mana saja yang akan naik dan juga turun. Pada usia 11 tahun dia diajari oleh ayahnya untuk membeli saham di New York Stock Exchange untuk pertama kali.

Pada tahun 1929 saat terjadi depresi besar pada pasar saham, Warren mulai bisa menghargai uang. Saat teman sebayanya hanya bersekolah untuk mendapatkan pengetahuan, Warren mulai bekerja saat waktu luang. Dia menjadi seorang paper boy untuk mendapatkan uang pertama.

Selanjutnya untuk menambahkan pundi-pundi uang, dia juga mulai bekerja untuk menjual prangko, majalah, Coca-Cola, dan masih banyak lagi. Setelah lulus dia melakukan semua pekerjaan untuk mendapatkan modal bertahan hidup dan melanjutkan sekolah.

 

Investasi Awal Warren Buffett

Saat usianya mencapai 15 tahun dia sudah bisa mengumpulkan uang sebanyak $2.000. Uang ini digunakan untuk membeli sebuah properti berupa peternakan dengan luas 40 acre. Peternakan yang terletak di Nebraska ini dikerjakan oleh orang lain dan keuntungan yang didapatkan digunakan untuk kuliah.

Dia lulus menjadi sarjana sains dari Universitas Nebraska. Selanjutnya dia melanjutkan kuliah di Columbia Business Scholl dan mendapatkan gelas master. Setelah mendapatkan ilmu yang cukup banyak, dia akhirnya mulai menjalankan investasi alih-alih ke pasar saham yang saat itu sedang anjlok.

Selama lima tahun sejak tahun 1951 dia bekerja sebagai investment salesman dan analis keamanan. Setelah mendapatkan uang sebanyak $174.000 dia pensiun dan memilih untuk melakukan investasi. Salah satu investasi terbaik yang pernah dia lakukan adalah mendongkrak Berkshire Hathaway.

 

Investasi Terbesar Warren Buffett

Sebelum memutuskan untuk melakukan akuisisi Berkshire Hathaway, Warren Buffett sebenarnya sudah memiliki perusahaannya sendiri. Dia mendirikan perusahaan bernama Buffett Partnership yang bergerak pada bidang investasi. Meski perusahaan ini berjalan baik, dia memutuskan untuk tidak meneruskannya dan berfokus pada Berkshier Hathaway.

Sebenarnya apa akuisisi pada Berkshiere Hathaway adalah kesalahan yang dilakukan oleh Warren. Perusahaan ini bergerak dalam bidang tekstil, padahal dirinya tidak ahli dalam bidang itu. Namun, value investment yang menjadi pegangan hidupnya membuat Warren mengembangkan kesalahannya menjadi sesuatu yang besar.

Bisnis tekstil yang awalnya dijalankan oleh Berkshire Hathaway akhirnya dihapuskan. Warren mulai melakukan pembelian aset pada perusahaan media seperti The Washington Post, perusahaan minyak Exxon, dan asuransi GEICO, dan perusahaan lain yang dianggapnya bernilai.

Warren juga melakukan investasi ke perusahaan minuman terbesar di dunia Coca-Cola. Saat kecil dia mungkin hanya menjadi pedagang asongan, tapi setelah dewasa memiliki saham yang signifikan pada perusahaan ini.

Naluri bisnis dari Warren tidak berhenti di sana saja. Pada masa resesi yang cukup tinggi banyak perusahaan yang akhirnya anjlok dan nyaris pailit. Dengan segala uang yang dimilikinya, Warren mau menginvestasikan apa yang dimilikinya dan mendulang keuntungan yang jauh lebih besar.

Dan benar saja, sebagian besar perusahaan yang dijadikan lokasi investasi mau bangkit dan memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Dia memberikan pinjaman pada Mars Inc. yang memberikan keuntungan $690 juta.

Bank of America Corp membayar $300 juta setiap tahun karena punya saham di sana. Selanjutnya dia juga membeli beberapa saham yang anjlok dan mengalami kenaikan signifikan.

 

Pencapaian Warren Buffett

Salah satu pencapaian terbesar dari Warren Buffett adalah keuntungan bersih mencapai $84 miliar. Sebagian besar keuntungan ini didapatkan dari Berkshire Hathaway yang dia akuisisi dan kembangkan menjadi perusahaan yang memiliki cukup banyak anak perusahaan.

Setelah bekerja keras dalam dunia investasi selama 55 tahun, Berkshire Hataway yang merupakan perusahaan tekstil berubah menjadi perusahaan konglomerat. Perusahaan ini membawahi beberapa perusahaan asuransi, makanan, minuman, perbankan, dan penerbangan privat.

Kunci sukses yang dapat kita ambil dari biografi Warren Buffett adalah belajar dari orang yang dia anggap hebat. Selama kariernya dalam dunia investasi ada dua orang yang membuatnya mampu melejit dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Dia adalah Benjamin Graham. Selanjutnya ada Charlie Munger yang merupakan partner bisnis sepanjang masanya.

Selain dari orang terdekatnya, kunci sukses dari seorang Warren Buffett adalah value investing. Dia lebih melihat nilai dari perusahaan daripada melihat sahamnya pada bursa.  Dia juga meyakinkan investor untuk membeli saham yang akan terus dipegangnya seumur hidup alih-alih mengejar margin dari tren pasar.

Demikianlah ulasan singkat biografi Warren Buffett yang cukup menarik. Semoga kita bisa mengambil pelajaran terbaik dari kisah hidupnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.