Budi Starch targetkan pabrik tepung tapioka Lampung beroperasi awal 2019

Pabrik BUDI Starch & Sweetener Tbk dahulu bernama Budi Acid Jaya, dari grup Sungai Budi Group

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Budi Starch & Sweetner Tbk (BUDI) menargetkan pabrik tepung tapioka dengan kapasitas 60.000 ton per tahun di Lampung dapat beroperasi penuh pada awal 2019. Hingga saat ini, tahap pembangunan pabrik tepung tapioka tersebut sudah mencapai 90%. Saat ini sedang dilakukan pemasangan mesin-mesin.

Hampir semua belanja modal atau capital expenditure BUDI dialokasikan untuk pembangunan pabrik tepung tapioka. Catatan saja, setiap tahun belanja modal rutin BUDI sekitar Rp 80 miliar. Sementara nilai investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan pabrik tepung tapioka Lampung mencapai Rp 70 miliar – Rp 80 mIliar.

Berdasarkan hasil public expose yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia, Jumat (31/8), pendanaan proyek pembangunan pabrik tepung tapioka di Lampung menggunakan pendanaan internal. Namun BUDI juga mempertimbangkan mencari pendanaan eksternal. Jika membutuhkan dana eksternal, biasanya berupa bilateral facility.

Sebelumnya, BUDI mengandalkan produksi tepung tapioka dari 15 pabrik dengan total kapasitas 825.000 ton pertahun. BUDI juga memiliki empat pabrik bahan pemanis (sweetner) yang berlokasi di Lampung, Subang, Krian dan Solo berkapasitas 291.600 ton per tahun dan 1 pabrik pabrik karung plastik berkapasitas 5.000 ton per tahun.

 

Sumber:

https://investasi.kontan.co.id/news/budi-starch-targetkan-pabrik-tepung-tapioka-lampung-beroperasi-awal-2019

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.