Danai Akuisisi 2 Perusahaan, Intikeramik Rights Issue

 

JAKARTA — PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk (IKAI) berencana untuk melakukan penawaran umum terbatas (PUT) I dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Menurut informasi keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 3,86 miliar saham seri B dengan nilai nominal sebesar Rp 50/saham.

Nantinya, penggunaan dana hasil dari rights issue tersebut akan digunakan perseroan untuk mengakuisisi PT Saka Mitra Sejati (SMS) dengan membeli sebanyak 875 saham atau 70% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perusahaan.

Selain itu, perseroan juga akan mengakuisisi PT Hotel Properti Internasional (HPI) dengan membeli sebanyak 35,6 ribu saham. Jumlah tersebut senilai dengan 99% dari modal dan disetor penuh HPI.

Sedangkan sisanya akan digunakan untuk meningkatkan modal kerja (working capital) perseroan dan memberikan pinjaman kepada entitas anaknya.

Seluruh rencana dan aksi perseroan tersebut akan segera dirampungkan paska persetujuan para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 10 Oktober 2018 mendatang.

Namun, setelah rilis pengumuman aksi korporasi yang dikeluarkan perseroan, harga saham IKAI tercatat terkoreksi pada perdagangan sesi II hari ini.

Saham IKAI terkoreksi cukup dalam 1,33% ke level Rp 148/saham. Sedangkan volume perdagangan tercatat sebanyak 3,9 juta unit saham senilai Rp 579,7 juta.

 

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/market/20180918142049-17-33657/danai-akuisisi-2-perusahaan-intikeramik-rights-issue

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.