Di tahun politik, Mahaka Media (ABBA) kejar pendapatan dari iklan

NULL

 

Jakarta — PT Mahaka Media Tbk (ABBA) masih mencetak kenaikan pendapatan dari segmen sirkulasi dan iklan surat kabar sebesar 14,67% yoy menjadi Rp 39,44 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 34,39 miliar.

Secara total penjualan bersih, pendapatan ABBA turun jadi Rp 90,36 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 135,23 miliar. Kontribusi terbesar penjualan masih disumbang oleh sirkulasi, iklan surat kabar kemudian disusul oleh event organizer sebesar Rp 21,70 miliar.

Direktur Utama ABBA, Adrian Syakawie mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan iklan naik di semester I 2018. Salah satunya karena terdapat bulan suci Ramadan.

Memasuki tahun politik ini, Adrian juga berharap pemasukan dari iklan akan bertambah karena biasanya di musim kampanye belanja iklan akan meningkat. “Harusnya berpotensi meningkatkan iklan (di tahun politik) minimal 10%,” ujar Adrian kepada Kontan, Senin (10/9).

Saat ini, fokus utama perusahaan adalah menekan rugi. Ia berharap kerugian bisa ditekan hingga bisa menyentuh break event point. Pun pihaknya masih akan fokus mendulang pendapatan dari iklan.

“Strateginya dengan tetap dorong pendapatan dan menjaga margin. Iya (fokus di iklan) karena margin terbesar masih dari iklan bisa sekitar 20%-25%,” ujar Adrian.

Adrian mengaku masih belum ada ekspansi bisnis di tahun 2018 ini. Pihaknya masih akan fokus di pengembangan bisnis yang sudah ada.

Untuk diketahui, harga saham ABBA pada perdagangan hari ini, Senin (10/9), hingga pukul 14.00 melejit 34% ke level Rp 67 per saham setelah sebelumnya terperangkap di level gocap.

Adapun kenaikan ini dibarengi dengan terpilihnya salah satu pemilik ABBA yakni Erick Tohir sebagai ketua tim kampanye salah satu pasangan calon presiden.

 

Sumber:

https://investasi.kontan.co.id/news/di-tahun-politik-mahaka-media-abba-kejar-pendapatan-dari-iklan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.