Golden Energy tuntaskan akuisisi empat perusahaan batubara\

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), anak perusahaan Sinar Mas Group atau Sinarmas di bidang pertambangan batubara.

 

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) akhirnya merampungkan ekspansi anorganiknya. Entitas usaha Grup Sinarmas ini menyelesaikan pengambilalihan saham empat entitas usaha perusahaan asal India, GMR Infrastructure Ltd pekan lalu.

Perusahaan tersebut adalah PT Dwikarya Sejati Utama dan PT Duta Surana Internusa. Lalu ada PT Unsoco dan PT Barasentosa Lestari. Nilai akuisisi keempat perusahaan tersebut sebesar US$ 59,27 juta. “Itu untuk 100% saham,” ujar Presiden Direktur GEMS, Bonifasius kepada Kontan.co.id, Selasa (4/9).

Proses akuisisi ini sudah berjalan sejak tahun lalu. Asal tahu saja, GEMS dan GMR telah meneken perjanjian jual beli bersyarat atau conditional share purchase agreement (CSPA) atas akuisisi tersebut sejak bulan Mei tahun lalu.

Akuisisi tersebut didanai dengan kas internal perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan GEMS kuartal II-2018, kas dan setara kas di awal periode sebesar US$ 175,04 juta. Sedang posisi di akhir periode US$ 35 juta.

Akuisisi tersebut juga mengalihkan semua utang kepada GEMS. Oleh sebab itu, bersamaan dengan proses akuisisi, GEMS juga meneken assignment agreement mandatory convertible bond milik Duta Surana Internusa.

Utang yang terdapat di neraca keuangan Barasentosa Lestari juga dikonsolidasikan ke dalam keuangan GEMS. Meski demikian, manajemen GEMS tidak khawatir hal ini mengganggu kinerja keuangan. Sebab, Barasentosa Lestasi merupakan aset operasional. Sehingga, perusahaan bisa membayar utang yang sumber dananya berasal dari keuntungan operasi di periode mendatang.

Akuisisi tersebut justru memberikan nilai lebih bagi GEMS. “Investasi ini menambah cadangan batubara 194 juta ton,” imbuh Bonifasius. GEMS saat ini punya 2,5 miliar ton sumber daya batubara. Sebesar 837,9 juta ton merupakan cadangan terbukti.

Sayang, aksi korporasi tersebut belum membuat saham emiten ini sumringah. Kemarin, saham GEMS stagnan di level Rp 2.550 per saham.

 

Sumber:

https://businessinsight.kontan.co.id/news/golden-energy-tuntaskan-akuisisi-empat-perusahaan-batubara

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.