Ini lima top gainers pekan lalu, bagaimana prospek pekan depan?

 

Jakarta — Meski Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 2,77% pada posisi 5.851,46 dalam sepekan, sejumlah saham masih menguat.

Top gainers IHSG sepekan lalu adalah:

  1. PT Majapahit Inti Corpora (AKSI) dengan lonjakkan 94,4% menjadi Rp 840 per saham.
  2. PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM) menguat 39,17% menjadi Rp 167.
  3. PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID) yang naik 28,33% ke Rp 2310 per saham saham.
  4. PT Ayana Land International Tbk (NASA) yang mengalami pertumbuhan 26,76% menjadi Rp 540 per saham selama sepekan.
  5. PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) naik 19,09% menjadi Rp 565.

Berikutnya ada PT Greenwood Sejahtera Tbk (GWSA) menguat 23,31% menjadi Rp 165 per saham, PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) menyusul menguat 18,18% menjadi Rp 390 dan terakhir PT Surya Eka Perkasa Tbk (ESSA) menguat 18,02% menjadi Rp 262 per saham.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, saham-saham yang menjadi top gainers pada pekan lalu, secara teknikal umumnya disebabkan oleh posisi harga yang sudah bottom. Sehingga pelaku pasar tertarik dan fokus pada saham-saham tersebut. 

Namun, William mengatakan biasanya gainers yang naiknya mendadak tidak akan tahan lama sehingga pekan depan ada potensi koreksi. “Saya prediksi yang berpotensi besar akan dikoreksi pekan depan adalah saham AKSI,” kata William, Minggu (9/9).

William menilai, emiten yang memiliki fundamental baik dari kelima top gainers pekan lalu adalah Suryamas Dutamakmur dan Majapahit Inti Corpora.
Walaupun jumlah saham beredar AKSI hanya 1,75%, emiten ini memiliki return on equity (ROE) tinggi 14,16%. 

William menilai, fundamental emiten berkode saham SMDM kuat karena valuasi saham SMDM murah, dilihat dari price to book value (PBV) di bawah 3 kali. Dia menambahkan, PBV Suryamas Dutamakmur adalah 0,32 kali.

Menurut William, dari barisan top gainers tersebut, saham yang paling menarik adalah emiten berkode saham GOLD. Secara teknikal, saham GOLD saat ini sudah rally dan memiliki uptrend kuat.

William merekomendasikan buy Visi Telekomunikasi (GOLD) dengan target harga hingga satu bulan ke depan Rp 700. Selain GOLD William mengatakan bahwa saham yang menarik selanjutnya adalah ESSA dengan pola perdagangan ESSA Jumat (7/9) sangat bagus.

Saham ESSA ditutup menguat dengan lonjakan 24,75% pada perdagangan Jumat, sehingga saham ESSA memiliki potensi yang paling besar untuk naik pada pekan ini. Dia merekomendasikan buy untuk ESSA dengan support Rp 250 dengan target harga sepekan kedepan Rp 260-Rp 280.

 

Sumber:

https://investasi.kontan.co.id/news/ini-lima-top-gainers-pekan-lalu-bagaimana-prospek-pekan-depan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.