Juli 2018, laba dan kredit 11 bank besar naik 12%

Ilustrasi Opini – Anomali laba bank & pertumbuhan ekonomi – Anomali laba bank dan pertumbuhan ekonomi

 

Laba 11 bank besar sampai Juli 2018 tercatat mengalami kenaikan sebesar 12% secara tahunan atau year on year (yoy). Kenaikan laba Juli 2018 ini relatif sama dengan Juni 2018.

Kenaikan laba ini didorong oleh beberapa faktor. Dalam riset sektor perbankan RHB yang dirilis 3 September 2018 tercatat kenaikan laba ini didorong oleh kenaikan pendapatan bunga bersih dari kredit dan penurunan biaya provisi.

Kenaikan pertumbuhan kredit 11 bank besar sampai Juli 2018 12% yoy atau lebih tinggi dari Juni 2018 11% yoy. Sedangkan penurunan biaya provisi sampai Juli 2018 10% atau lebih dalam dari Juni 2018 9% yoy.

Dalam riset, analis RHB Henry Wibowo dan Alvin Baramuli menggunakan data laporan keuangan Juli 2018 dari 11 bank besar. Sebanyak 11 bank besar ini adalah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

Selanjutnya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Bank Panin Indonesia Tbk (PNBN) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Paul Sutaryono, Pengamat Perbankan bilang kenaikan laba ini menunjukkan bahwa kinerja bank paparan atas membaik. “Penurunan provisi juga berarti kinerja bank semakin bagus dan prudent,” kata Paul kepada kontan.co.id, Selasa (5/9).

Anto Prabowo, Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK bilang kepada kontan.co.id, Selasa (5/9) bahwa secara umum kinerja bank di kuartal III-2018 masih sesuai dengan rencana bisnis bank yang diajukan.

 

Sumber:

https://keuangan.kontan.co.id/news/juli-2018-laba-dan-kredit-11-bank-besar-naik-12

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.