Golden Cross

*Versi Singkat

Golden Cross adalah pola yang terbentuk dari lintas silang (Cross) antara Moving Average (MA) periode rendah dengan MA yang memiliki periode lebih tinggi dan mengarah ke atas. Golden Cross menandakan bahwa saham yang sedang dipantau akan cenderung naik (bullish), dan lebih cocok digunakan untuk saham dengan volatilitas rendah atau sedang.

 

*Versi Lengkap
golden cross adalah
(Aplikasi Amibroker)

 

Golden Cross bisa terjadi dengan kombinasi Moving Average (MA) yang mana saja, selama dua buah MA memiliki periode yang berbeda. Pola ini juga digunakan untuk berbagai macam trading dengan jangka waktu yang berbeda-beda.

Misalnya, trader jangka pendek bisa menggunakan golden cross dari MA 5 dan MA 10 sebagai acuan bullish jangka pendek. Trader dengan jangka waktu lebih panjang bisa menggunakan golden cross dari MA 20 dan MA 60 sebagai acuan bullish jangka yang lebih panjang.

Golden Cross adalah salah satu indikasi yang terbilang akurat jika digunakan pada saham yang tidak terlalu volatil.

 

Contoh Golden Cross
golden cross adalah
Golden Cross MA 5 dan MA 10 digunakan untuk trading jangka pendek. (Aplikasi Neo Hots)

 

Gambar diatas menunjukkan penggunaan MA 5 dan MA 10 sebagai indikator, dan golden cross yang terjadi pada poin (1) bersifat bullish jangka pendek hingga death cross terjadi di poin (2).

Seperti yang terlihat pada poin (3), golden cross juga bisa terjadi pada MA yang berada di dalam indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD). Volume yang besar akan membuat golden cross menjadi lebih absolut.

 

golden cross adalah
Golden Cross MA 20 dan MA 60 digunakan untuk trading dengan jangka yang lebih panjang. (Aplikasi Neo Hots)

 

Gambar diatas menunjukkan penggunaan indikator MA 20 dan MA 60. Golden cross yang terjadi dari lintas silang MA 20 dan MA 60 didukung oleh volume yang cukup tinggi, membuat sinyal bullish yang lebih mantap untuk jangka lebih panjang.

Untuk memaksimalkan risk:reward, anda tetap harus membuat trading plan sebelum melakukan aksi “buy” dari sinyal yang diberikan oleh golden cross. Titik support, resistance, dan cut loss akan memaksimalkan hasil dari trading anda.

 

**Sinyal buy dari golden cross haruslah menunggu hingga golden cross tersebut terjadi, tidak bisa anda beli sahamnya sekarang dengan prediksi bulan depan akan terjadi golden cross**