Buy On Weakness

pengertian buy on weakness, bow, buy on weakness, buy on weakness adalah

 

*Versi Singkat

Pengertian buy on weakness (BOW) dalam dunia trading saham adalah strategi membeli saham di harga yang sedang turun (dekat support) dengan asumsi harganya akan kembali rebound dalam waktu dekat.

Contoh:

Jika anda berhasil membeli saham WEGE pada titik terendah di harga 302 rupiah seperti pada gambar di atas, dan menjual saat closing di hari itu juga di harga 332 rupiah. Anda telah mendapatkan keuntungan 30 rupiah pada hari itu (belum dipotong pajak dan fee).

Pembelian di harga 302 rupiah pada saat harga saham sedang turun dan dekat dengan support psikologis 300 rupiah ini disebut dengan buy on weakness.

 

Contoh dengan ilustrasi akan dibahas pada bagian penerapan pada “versi lengkap” di bawah.

 

*Versi Lengkap

Anda pasti pernah melihat berita atau email yang berisi rekomendasi saham, dan pada rekomendasi tersebut, akan ada analis menuliskan buy on weakness (BOW).

Pengertian buy on weakness adalah pembelian saham yang sedang turun harganya (sebaiknya dekat support) untuk meminimalisir resiko dengan proyeksi harga saham tersebut akan kembali naik. Banyak trader yang menggunakan analisa teknikal sebagai senjata utamanya, menggunakan strategi ini untuk meraup keuntungan.

Buy on weakness ini juga akan menjadi semakin mantap bila dikombinasikan dengan strategi sell on strength (SOS) untuk meminimalisir resiko dan memaksimalkan keuntungan. BOW sebaiknya dilakukan pada saham yang sedang uptrend, dan sedang mengalami koreksi hingga ke dekat titik support.

Anda boleh menggunakan strategi ini pada saham yang sedang downtrend, tetapi harus lebih diperketat lagi strategi trading (cut loss) dan money management nya.

 

Ilustrasi Penerapan BOW

Ilustrasi ini adalah karangan fiktif yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran tentang buy on weakness (BOW)

 

Ilustrasi pertama:

1. Anda sedang melihat saham telkom (TLKM) berada di harga 4200 rupiah, dan anda mengetahui support saham tersebut ada di angka 4000 rupiah.

2. Keesokan harinya saham TLKM turun ke harga 4010 rupiah, dan anda berhasil membeli di angka 4030 rupiah (Pembelian ini disebut dengan buy on weakness).

3. Pada saat closing, saham TLKM kembali naik ke harga 4100 rupiah.

4. Anda mendapat keuntungan sebesar 70 rupiah jika menjual pada hari itu (belum dipotong pajak dan fee).

5. Anda juga boleh tidak menjual dan menunggu bila analisa anda mengatakan bahwa saham tersebut masih bagus dan bisa naik untuk beberapa saat ke depan.

 

Ilustrasi kedua:

1. Anda sedang melihat saham telkom (TLKM) berada di harga 4200 rupiah, dan anda mengetahui support saham tersebut ada di angka 4000 rupiah.

2. Keesokan harinya anda membeli saham TLKM 10 lot di harga 4050 rupiah, 20 lot di harga 4040 rupiah,  30 lot di harga 4030 rupiah. Total saham TLKM anda adalah 60 lot dengan harga rata-rata 4036,67 rupiah.

3. Pada saat closing, saham TLKM kembali naik ke harga 4100 rupiah.

4. Anda mendapat keuntungan sebesar 63,33 rupiah jika menjual pada hari itu (belum dipotong pajak dan fee).

 

Kelebihan (Keuntungan) dan Kekurangan (Resiko) BOW

Kelebihan / Keuntungan

Dengan menggunakan strategi buy on weakness (BOW), resiko kerugian sudah anda minimalisir karena pembelian dilakukan pada saat harga sedang turun mendekati support. Bahkan jika sahamnya kembali ke harga pembukaan saja, anda sudah mendapatkan keuntungan.

Namun anda tetap harus berhati-hati dalam menentukan strategi trading anda. Buy on weakness bukan berarti anda pasti akan mendapatkan untung dan bebas dari resiko.

 

Kekurangan / Resiko

Jika melihat contoh pada ilustrasi, buy on weakness terlihat mudah untuk dilakukan. Pada praktek kenyataannya, strategi ini juga tidak semudah yang anda bayangkan. Terkadang harga saham yang anda beli tetap akan menembus level support dan memaksa anda untuk melakukan cut loss.

Buy on weakness dilakukan untuk meminimalisir reiko, tetapi tidak menghilangkan keseluruhan dari resiko tersebut. Maka dari itu anda harus tetap jeli dan disiplin dalam menjalankan trading plan anda.

 

Baca: