Death Cross

*Versi Singkat

Pengertian Death Cross adalah pola yang terbentuk dari lintas silang (Cross) antara Moving Average (MA) periode rendah dengan MA yang memiliki periode lebih tinggi dan mengarah ke bawah. Death cross menandakan bahwa saham yang sedang dipantau akan cenderung turun (bearish), dan lebih cocok digunakan untuk saham dengan volatilitas rendah atau sedang.

 

*Versi Lengkap
pengertian death cross
(Aplikasi Amibroker)

 

Sama seperti golden cross, death cross juga bisa terjadi dengan kombinasi Moving Average (MA) yang mana saja, selama dua buah MA memiliki periode yang berbeda. Volume juga akan menjadi teman yang baik bagi trader yang ingin mengambil keputusan dari golden cross atau death cross. Volume tinggi membuat indikasi breakout (golden cross) atau breakdown (death cross) lebih mantap.

Trader jangka pendek bisa menggunakan MA 5, MA 10, dan MA 20 sebagai acuan bearish jangka pendek pada pola death cross. Transaksi jangka yang lebih panjang bisa menggunakan MA 20, MA 50/60, MA 100, MA 200, dan seterusnya.

 

Contoh Death Cross
contoh death cross
Death Cross MA 5 dan MA 10 digunakan sebagai acuan bearish jangka pendek. (Aplikasi Neo Hots)

 

Gambar di atas menunjukkan adanya golden cross yang terjadi pada poin (1). Karena indikator yang digunakan adalah MA 5 dan MA 10, maka golden cross yang terjadi adalah indikasi bullish jangka pendek.

Setelah harga naik selama beberapa hari, anda bisa melihat adanya death cross yang terjadi pada poin (2). Death cross yang terjadi juga mengindikasikan penurunan jangka pendek karena baru MA 5 yang menembus MA 10. Jika MA 5 dan 10 terus menembus MA 20, MA 60, dan seterusnya maka itu menjadi indikasi penurunan jangka yang lebih panjang.

Melewati penurunan beberapa hari, golden cross muncul pada poin (3) dan membuat saham kembali ke trend bullish jangka pendeknya.

Pada poin (4) anda bisa melihat bahwa death cross bisa terjadi pada indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) dan memantapkan sinyal pengertian death cross pada poin (2).

 

death cross adalah
Death Cross pada MA 20 dan MA 60 mengindikasikan tren bearish dengan jangka yang lebih panjang. (Aplikasi Neo Hots)

 

Death cross yang terjadi pada MA 20 dan MA 60 akan membuat harga saham turun pada jangka waktu yang lebih lama. Golden cross dan death cross dapat berfungsi dengan baik pada saham yang memiliki volatilitas sedang dan rendah. Tidak efektif jika digunakan pada saham volatilitas super tinggi (saham gorengan).

Terkadang death cross yang terjadi pada MA rendah bisa menguntungkan anda bila trend jangka menengah atau panjang masih terlihat bagus. Anda bisa menunggu hingga golden cross MA rendah tersebut terjadi sebagai acuan entry. Tentunya, trading plan tetap harus disusun untuk meminimalisir risiko yang bisa terjadi.