Fenomena dan Pengertian Window Dressing

pengertian window dressing

Apakah Anda pernah mendengar istilah dan Pengertian Window dressing? Mungkin bagi sebagian orang istilah window dressing ini adalah sesuatu hal yang baru, namun tidak bagi para pelaku usaha. Dimana moment window dressing ini adalah suatu hal yang dinanti-nantinya, tentu saja untuk mendapatkan keuntungan dan menambah pundi-pundinya. Lantas, apa itu window dressing dan kegunaannya?

 

Apa itu Pengertian Window Dressing?

Bagi Anda para emiten, para fund manager hingga para pelaku bursa saham, tentu saja akan menantikan momen akhir tahun ini sehingga nantinya bisa melihat pergerakan saham Anda berada ke arah dan level mana. Namun tidak perlu khawatir bagi Anda yang masih pemula.

Anda juga bisa mempelajari dan mengetahui apa itu Pengertian Window dressing. Tahukah Anda jika Window Dressing itu adalah suatu kondisi pada saat harga saham akan cenderung menguat di bursa efek atau bursa saham. Dan kondisi ini biasanya terjadi pada akhir tahun. Tentu saja hal ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi beberapa pelaku bursa saham karena akan mendapatkan banyak sekali keuntungannya.

 

Apa yang Harus Dilakukan Pada Saat Window Dressing?

Jika ini merupakan kali pertama Anda akan mengikuti moment atau fenomena window dressing, maka Anda tidak perlu bingung harus melakukan apa. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika moment window dressing ini tiba. Salah satunya bagi Anda yang merupakan Fund Manager, maka Anda bisa meningkatkan portofolio Anda menjadi lebih baik dan kinerjanya cemerlang.

Tentu saja hal ini dilakukan agar rapor Anda bagus. Namun bagi Anda yang merupakan emiten, maka moment window dressing ini bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki dan memperindah laporan keuangan Anda.

 

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Window Dressing?

Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian Window dressing, maka ada beberapa hal lainnya yang juga harus Anda ketahui terkait dengan moment atau fenomena window dressing ini. Salah satunya yaitu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya window dressing ini.

Tahukah Anda, ternyata window dressing ini tidak terjadi secara sendirinya. Beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti self-fulfilling prophecy yang menjadi peluang sangat besar terjadinya window dressing ini. Selain itu window dressing ini juga sering sekali dipicu oleh beberapa usaha yang dilakukan oleh Manajer Investasi dan emiten yang ingin mempercantik kinerja dan juga laporan keuangan mereka menjelang akhir tahun atau menjelang tutup buku.

 

Apakah Window Dressing Hanya Terjadi Di Akhir Tahun?

Tentu saja bagi Anda yang masih pemula juga akan memiliki banyak sekali pertanyaan mengenai window dressing ini selain apa itu Pengertian Window dressing. Salah satunya yaitu mengenai kapan saja waktu terjadinya window dressing ini. Tahukan Anda jika sebenarnya window dressing ini tidak hanya terjadi pada akhir tahun saja.

Window dressing ini ternyata juga bisa terjadi pada setiap kuartal, atau pada saat laporan keuangan per kuartal keluar. Hanya saja window dressing ini memiliki efek yang paling besar pada saat menjelang tutup buku yaitu pada akhir tahun. Bahkan efeknya juga bisa saja masih terasa pada saat awal tahun atau juga dikenal dengan January Effect.

 

Bagaimana Menyikapi Moment Window Dressing?

Tahukah Anda jika dari beberapa data IHSG di beberapa tahun lalu, dimana moment window dressing ini sangatlah menguntungkan bagi beberapa pelaku bursa saham. Namun tentu saja keuntungan tersebut bisa diraih jika mengetahui apa yang harus dilakukan.

Anda harus menyikapi moment atau fenomena window dressing ini dengan cara yang bijak jika Anda ingin mendapatkan keuntungan investasi. Salah satu contohnya, jika Anda berinvestasi pada akhir bulan November, lalu Anda berencana akan menjual saham tersebut pada akhir Desember, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada Anda menjualnya pada pertengahan tahun.

Namun pastikan jika Anda membeli saham yang tepat alias bukan saham yang sembarangan. Ada baiknya jika Anda harus mempertimbangkan kondisi perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya.

 

Apa Saja Keuntungan Yang Didapatkan Pada Saat Window Dressing Terjadi?

Tentu saja akan banyak sekali keuntungan yang nantinya bisa Anda dapatkan jika moment atau fenomena window dressing ini hadir. Salah satunya yaitu keuntungan dari harga saham yang nantinya akan Anda jual.

Tahukah Anda biasanya harga saham pada saat momen window dressing ini akan melonjak, jadi Anda bisa menjual saham yang sudah Anda beli sebelumnya dengan harga yang terbilang murah.

 

Apa Saja Tips Yang Bisa Dilakukan Agar Mendapatkan Keuntungan Pada Saat Window Dressing?

Bagi Anda yang sudah mengerti dan paham mengenai Pengertian Window dressing, hingga keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Maka pastikan juga jika Anda mengikuti beberapa tips dibawah ini sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak pada saat momen window dressing ini tiba. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum mengikuti window dressing yaitu:

  • Pertimbangkan fundamental perusahaan yang hendak Anda beli sahamnya. Hal ini menjadi penting sekali, karena fundamental saham yang kuat akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun Anda tidak perlu khawatir jika nantinya window dressing tersebut tidak terjadi pada saham yang Anda beli atau miliki tersebut. Anda bisa memantau pergerakan harga sahamnya dan pastikan menjualnya pada saat yang tepat.

  • Pastikan jika Anda memilih bluechips. Tahukah Anda jka bluechips ini merupakan saham penggerak indeks yang nantinya sangat berpengaruh pada pendorong utama indeks naik.

  • Pastikan jika Anda mencari saham-saham yang kondisinya baik dan juga kuat.

  • Anda bisa menggunakan atau mengalokasikan dana untuk spekulasi, bukan dana utama investasi Anda. Hal ini, agar jika Anda tidak berhasil dalam window dressing ini, maka Anda masih memiliki dana utama investasi Anda.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai Pengertian Window dressing, hingga beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Namun bagi Anda yang masih belum mengerti ada baiknya jika Anda bertanya atau konfirmasi terlebih dahulu lewat Analisis Teknikal sehingga Anda bisa mempelajari dan mengetahui peluang pasar saham yang akan Anda dapatkan.