private placement

*versi singkat

Dalam dunia saham, pengertian private placement adalah penerbitan saham baru oleh perusahaan yang penjualannya langsung ditargetkan ke investor besar atau grup investor, tanpa melalui transaksi regular di bursa saham.

Sama seperti rights issue, private placement dilakukan untuk menambah modal bagi perusahaan. Sebutan lain yang mungkin anda pernah lihat untuk private placement adalah PMTHMETD (Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu) atau non HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu).

 

*Versi lengkap
Pengertian private placement

Private placement adalah salah satu aksi korporasi selain rights issue yang berguna untuk menambah modal dari perusahaan. Private placement dilakukan dengan cara menerbitkan saham baru yang langsung dijual ke investor besar, grup investor, atau investor yang terakreditasi (seperti reksadana atau lembaga asuransi).

Perbedaan mendasar dari rights issue dan private placement adalah tidak adanya hak bagi pemegang saham lama untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan pada private placement. Aksi private placement juga bisa diaplikasikan pada penerbitan obligasi (surat hutang).

Jumlah maksimal saham baru yang bisa diterbitkan oleh perusahaan pada aksi private placement adalah 10% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh (Baca: Peraturan OJK). Sedangkan nilai yang dipakai untuk menentukan harga dari saham baru adalah harga rata – rata penutupan 25 hari aktif bursa berturut – turut. 

 

**Sangat mungkin bahwa pembeli dari aksi private placement adalah salah satu pemegang terbesar saham perusahaan**

**Apabila pembeli dari aksi private placement adalah investor yang baru akan masuk ke dalam perusahaan, besar kemungkinan investor tersebut akan menjadi salah satu pemegang terbesar saham perusahaan**

 

Tujuan dilakukan private placement

Beberapa tujuan dari aksi penerbitan saham baru pada private placement adalah:

private placement adalah, private placement, private, placement, adalah

  • Penggalangan dana secara cepat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan finansial perusahaan seperti ekspansi bisnis, pembayaran hutang, dsb.
  • Adanya investor besar yang baru akan masuk ke dalam perusahaan.
  • Merekrut investor strategis yang dapat membantu jalan dan perkembangan perusahaan.

 

**Saham baru yang diterbitkan dari private placement biasanya tidak ditawarkan ke tangan publik**

 

Ilustrasi mekanisme private placement pada bursa saham

Saham PBRX memiliki total jumlah saham 1.000.000 lembar dengan harga rata – rata 25 hari Rp 1.000,-

Tercatat pemilik saham PBRX adalah berikut:

  • Budi memiliki 500.000 lembar = 50% saham PBRX
  • Kurnia memiliki 200.000 lembar = 20% saham PBRX
  • Publik memiliki 300.000 lembar = 30% saham PBRX

PBRX akan melakukan private placement 10% dari total modal ditempatkan dan disetor yaitu 100.000 lembar saham baru dengan harga rata – rata penutupan 25 hari aktif bursa yaitu Rp 1000,-.

Total dana yang bisa dihasilkan dari aksi ini adalah 100.000 lembar X Rp 1000,- = Rp 100.000.000,-. (Diasumsikan aksi private placement ini telah mendapat persetujuan dari para pemegang saham saat RUPS/RUPSLB dilakukan)

Saham baru yang diterbitkan ditawarkan ke Budi, dan Budi akan menyerap seluruh saham baru tersebut senilai Rp 100.000.000,-.

Kurnia dan publik tidak mendapat hak untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan, karena penawaran hanya ditawarkan perusahaan ke Budi.

Setelah proses private placement ini selesai dilakukan maka kepemilikan saham yang tercatat akan menjadi sebagai berikut:

  • Total jumlah saham PBRX yang tercatat meningkat dari 1.000.000 lembar menjadi 1.100.000 lembar.
  • Budi memiliki 600.000 lembar = 54,5% saham PBRX (meningkat 4.5%)
  • Kurnia memiliki 200.000 lembar = 18.2% saham PBRX (terdilusi 1.8%)
  • Publik memiliki 300.000 lembar = 27,3% saham PBRX (terdilusi 2.7%)

 

**Ini hanyalah ilustrasi mekanisme dari proses private placement, bukan kejadian nyata**

 

Dampak Private placement

Beberapa dampak yang akan terjadi dari aksi private placement adalah:

  • Naiknya kapitalisasi perusahaan
  • Turunnya laba per lembar saham
  • Kepemilikan saham investor yang tidak menebus saham baru akan tedilusi
  • Berita yang keluar dari aksi private placement terkadang mempengaruhi psikologi para pelaku pasar saham serta harga saham tersebut.

 

**Jangan terlalu mudah terpengaruh berita dari private placement, telitilah sebelum anda memutuskan untuk masuk atau keluar dari saham perusahaan tersebut**