Kinerja kuartalan melemah, seperti apa rekomendasi saham ICBP?

indomie atau mie instan produksi indofood tbk. Pho KONTAN/Achmad Fauzie

 

JAKARTA — Walau dalam satu semester terakhir kinerja PT Indofood CBP Sukses Makmur terbilang mentereng, namun khusus di kuartal kedua lalu kinerja emiten berkode ICBP tersebut justru turun.

Sebagai informasi, di semester pertama lalu, pendapatan ICBP meningkat 5,4% (yoy) menjadi Rp 19,45 triliun. Begitu pula dengan laba bersih perusahaan yang meningkat 9,5% (yoy) menjadi Rp 2,29 triliun.

Namun, jika ditelusuri kinerja ICBP justru turun secara kuartalan. Kuartal II lalu, pendapatan ICBP turun 3,1% (QoQ) menjadi Rp 9,57 triliun sedangkan laba bersihnya menyusut 11,1% menjadi Rp 1,07 triliun.

Sebelumnya, Analis Mirae Asset Sekuritas, Mimi Halimin mengemukakan, fakta tersebut cukup mengejutkan mengingat dalam beberapa tahun terakhir musim libur lebaran jatuh di kuartal kedua. Momen tersebut di atas kertas dapat meningkatkan kinerja ICBP di kuartal kedua.

Lebih lanjut, pola serupa terjadi pada kuartal II-2017 lalu, khususnya dari segi pendapatan yang turun 4,8% (QoQ). “Hal ini berlawanan dengan tren historis, sebab pendapatan kuartal kedua menunjukkan pertumbuhan positif selama periode 2011—2016,” sebutnya dalam riset 2 Agustus.

Ia pun menduga, kinerja kuartalan yang lemah merupakan imbas dari persaingan yang ketat.

Pendapat serupa diutarakan oleh Victoria Venny, Analis MNC Sekuritas. Menurutnya, kinerja ICBP cenderung moderat sepanjang dua kuartal pertama tahun ini. Pasalnya, emiten tersebut tidak mengeluarkan produk baru semester pertama lalu. Sebaliknya, banyak kompetitor ICBP yang meluncurkan produk baru di paruh pertama tahun ini.

“Perusahaan lebih gencar mengeluarkan produk baru di kuartal tiga hingga empat,” katanya, Rabu (19/9).

Salah satu momen yang dimanfaatkan oleh ICBP adalah Asian Games 2018 yang berlangsung pertengahan Agustus lalu. Berhubung ICBP menjadi salah satu sponsor ajang empat tahunan tersebut, perusahaan gencar melakukan promosi produk. Tak ketinggalan pula, emiten ini meluncurkan sejumlah varian produk yang bertema Asian Games.

Venny yakin, dampak penjualan yang dilakukan sepanjang Asian Games berlangsung akan meningkatkan kinerja ICBP secara langsung di kuartal ketiga tahun ini. Ia pun merekomendasikan beli saham ICBP dengan target harga Rp 9.600 per saham.

Sementara itu, Mimi menyarankan trading buy saham ICBP dengan target Rp 9.700 per saham. Ia memperkirakan pendapatan ICBP akan tumbuh 10,8% menjadi Rp 39,45 triliun di akhir tahun nanti. Adapun laba bersihnya naik 15,9% jadi Rp 4,40 triliun.

Kinerja Kuartalan Melemah, Seperti Apa Rekomendasi Saham ICBP?

 

Sumber:
https://investasi.kontan.co.id/news/kinerja-kuartalan-melemah-seperti-apa-rekomendasi-saham-icbp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.