Laba bersih turun, ini rekomendasi untuk saham Mitra Keluarga

Rumah Sakit Mitra Keluarga. Foto: Dok.Rumah Sakit Mitra Keluarga

 

JAKARTA — PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) berhasil catatkan pertumbuhan pendapatan di semester I 2018. Laba bersih emiten rumahsakit ini justru turun. Namun, prospek emiten sektor healthcare ini masih akan membaik hingga akhir tahun.

Mengutip laporan keuangan hingga semester I 2018, MIKA catatkan pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun atau naik 10,5% daripada periode yang sama tahun lalu. Sementara, laba bersih tercatat masih menurun sebesar 9,1% ke Rp 321 miliar.

Akhmad Nurcahyadi, Analis Samuel Sekuritas Indonesia mengatakan sudut pandang dan rekomendasinya pada MIKA belum berubah karena mengingat kinerja yang lebih baik dibandingkan peers dan rata-rata industri rumahsakit.

Peningkatan pendapatan, Akhmad lihat terjadi akibat dampak positif Kasih Group yang berkontribusi 9,5% pada pendapatan konsolidasian.

William Surya Wijaya, Vice President Research Department Indosurya Bersinar Sekuritas mengatakan, pendapatan MIKA berangsur naik karena didukung katalis positif dari sektor healthcare. Masyarakat lebih sering mengakses kesehatan lantaran berkembangnya fasilitas asuransi kesehatan maupun program pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

“Sekarang orang yang berkunjung ke rumahsakit makin banyak,” kata William, Rabu (12/9). Selain itu, betambahnya rumahsakit yang dimiliki MIKA juga memberi pengaruh positif pada pendapatan. Pada Juni lalu MIKA membuka rumahsakit baru di Gading Serpong, Tangerang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.