Menilik prospek saham pelayaran, ini tips buat investor

Kapal milik perusahaan pelayaran PT Soechi Lines Tbk (SOCI). Foto soechi.com

 

Tertekan penurunan harga minyak dan pelemahan nilai tukar rupiah, investor diminta tidak berkecil hati dengan prospek saham sektor pelayaran. Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, untuk jangka panjang sektor tersebut masih memiliki prospek yang cukup positif.

“Saat ini emiten memang masih belum responsif mengatasi tekanan yang ada, masih terkesan pasrah, dan mungkin masih menunggu momennya. Tapi untuk jangka panjang masih layak dikoleksi,” kata William kepada Kontan, Senin (3/9).

 

Untuk mencari cuan di saham pelayaran, William mengatakan investor masih perlu menunggu cukup lama. Mengingat, kaitannya pada sentimen pelemahan rupiah dan harga minyak yang notabennya adalah permasalahan global.

“Ini sulit untuk dibereskan dalam waktu singkat,” ujarnya.

 

Di sisi lain, profitabilitas beberapa emiten pelayaran ikut tergerus saat ini. Sebut saja, return on assets (ROA) saham PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk (TAMU) yang minus 1,60% dan return on equity (ROE) merosot 3,17%.

Selanjutnya ROA PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) yang minus 7,14% dan ROE minus 9,94%. 

ROA PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) yang anjlok 5,25% bahkan ROE terjun hingga 11,70%.

ROA PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) turun 2,84% dengan ROE merosot 4,37%.

Lain halnya dengan ROA PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) yang masih tumbuh 1,09% dengan ROE 2,21%, sedangkan ROA PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk (NELY) masih 8,93% dengan ROE 9,92%.

Namun, dengan kecenderungan ROA dan ROE emiten pelayaran yang merosot, William masih merekomendasikan beberapa saham untuk dibeli.

Saham tersebut di antaranya PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) dengan ROA positif 3,54% dan ROE 9,15%, PT Soechi Lines Tbk (SOCI) dengan ROA 1,25% dan ROE 2,54%, PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) dengan ROA 3,14% dan ROE 6,08%, dan terakhir adalah SMDR.

“Bagi yang sudah punya (saham pelayaran) boleh hold, karena ke depan masih cukup prospek,” tandasnya.

 

Sumber:

https://investasi.kontan.co.id/news/menilik-prospek-saham-pelayaran-ini-tips-buat-investor

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.