Rights issue BRI Agro, BRI siapkan dana kas Rp 1 triliun

Aktivitas pelayanan nasabah di kantor cabang utama Bank BRI Agro di Jakarta, Selasa (26/6). BRI Agro akan melakukan penambahan modal melalui rights issue dengan target total dana Rp 2 triliun. Dengan demikian modal inti perusahaan bisa naik menjadi Rp 5 triliun dan menjadikan BRI Agro masuk ke golongan BUKU III yang bermodal di atas Rp 5 triliun. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

 

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) mengumumkan bahwa induknya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah menyediakan dana kas sebesar Rp 1 triliun.

Berdasarakan prospektus yang diserahkan BRI Agro ke BEI, Jumat (31/8), dana kas ini akan digunakan BRI untuk melaksanakan sebagian hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) yang menjadi hak BRI.

BRI akan melaksanakan sebagian haknya dengan jumlah 2,5 miliar saham dalam rights issue BRI Agro di harga pelaksanaan Rp 400. Jika hanya BRI yang mengeksekusi haknya maka kepemilikan saham BRI akan naik dari sebelum rights issue 87,19% menjadi 88,71%.

Sedangkan jika BRI melaksanan sebagian haknya dan sisanya diambil pemegang saham lain maka kepemilikan saham BRI berkurang dari 87,19% sebelum rights issue menjadi 79,25%.

Sebagai gambaran saja, dana yang diperoleh BRI Agro dalam rights issue ini akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan yang akan digunakan untuk pertumbuhan kredit.

 

Sumber:

https://keuangan.kontan.co.id/news/rights-issue-bri-agro-bri-siapkan-dana-kas-rp-1-triliun

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.