Simak strategi Bank Jatim menekan NPL

Suasana aktivitas di Bank Jatim Thamrin City Jakarta, Jumat (20/7). Laporan keuangan Semester I tahun buku 2018, aset Bank Jatim tumbuh 15,63% atau sebesar Rp 59,54 triliun dan laba bersih tercatat Rp 758,28 miliar atau tumbuh 5,01% Year on Year./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/07/2018.

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) mencatatkan realisasi non-performing loan (NPL) gross sebesar 4,97% sampai Juni 2018. Angka ini turun dari periode yang sama tahun 2017, yakni 4,8%.

NPL gross ini adalah kredit bermasalah sebelum dibentuk pencadangan. Sementara itu, kredit bermasalah ketika sudah dibentuk pencadangan atawa NPL net tercatat sebesar 0,7% per Juni 2018.

Dalam penyampaian materi public expose tahunan ke BEI, Kamis (30/8), manajemen Bank Jatim mengatakan sudah menyiapkan tiga strategi untuk mengatasi NPL.

“Pertama adalah melakukan penanganan intensif oleh pimpinan cabang untuk kolektibilitas 1 dan 2,” kata manajemen dalam keterangan resmi.

Sedangkan jika kredit sudah mencapai kolektabilitas 3 sampai 5, maka penanganan akan dilakukan oleh divisi penyelamatan dan penyelesaian kredit.

Strategi kedua adalah dengan melakukan penyelamatan kredit dengan restrukturisasi. Hal ini dilakukan dengan cara 3R yaitu rescheduling, reconditioning dan restructuring.

Sedangkan startegi ketiga adalah penyelesaian. Hal ini apabila debitur sudah tidak bisa diselamatkan. Upaya penyelesaian ini terdiri dari dua tahap.

Pertama adalah penyelesaian secara kooperatif dan kedua adalah dengan non kooperatif.

 

Sumber:

https://keuangan.kontan.co.id/news/simak-strategi-bank-jatim-menekan-npl

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.