Terungkap! Transaksi BRI dan Danareksa Capai Rp 819 Miliar

 

JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)mengonfirmasi telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan PT Danareksa (Persero). 

Total nilai transaksi perjanjian itu mencapai mencapai Rp 819 miliar. Nilai itu dikeluarkan perusahaan untuk mengambil alih kepemilikan 67% Danareksa Sekuritas dan 35% Danareksa Investment Management.


Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo membenarkan perusahaan telah menandatangi perjanjian jual beli saham bersyarat dengan PT Danareksa (Persero) sebagai pemegang saham kedua perusahaan tersebut.

“Kesepakatan tersebut dilatarbelakangi oleh strategi jangka panjang BRI dalam membangun bisnis jasa keuangan dengan menyediakan layanan yang terintegrasi,” kata Haru kepada CNBC Indonesia, Jumat (28/9) malam. 

Menurut dia, pertumbuhan bisnis perusahaan efek dan perusahaan investasi diperkirakan akan menjanjikan. Hal itu seiring dengan kenaikan kesadaran masyarakat akan produk keuangan, terutama bagi kelas menengah.

Pertumbuhan bisnis, lanjut Haru, juga bakal menjanjikan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan segmen wholesale terhadap produk pasar modal.

Dia menjabarkan, untuk Danareksa Sekuritas, BRI mengeluarkan dana sebesar Rp 447 miliar. Sementara untuk 35% saham Danareksa Investment Management, BRI merogoh kocek Rp 372 miliar.

Transaksi jual beli ini nantinya akan mulai efektif setelah perusahaan memenuhi seluruh persyaratan dalam regulasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun transaksi yang dilakukan dua perusahaan itu harus memenuhi Peraturan Bapepam LK IX.E.1 merupakan Transaksi Afiliasi dan Transaksi yang Mengandung Benturan Kepentingan. 

Ini karena kedua perusahaan merupakan perusahaan terafiliasi karena merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Sumber:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.