6 Tips Dalam Memilih Saham Investasi Jangka Panjang

tips memilih saham investasi jangka panjang, tips investasi jangka panjang, investasi jangka panjang, investasi
sumber gambar: themerkle.com

Investasi adalah sebuah aksi penanaman modal kepada suatu objek, dengan harapan bisa mendapat keuntungan di masa depan. “Objek” disini bisa bermacam-macam, misalnya perusahaan, bisnis, benda, edukasi (pengetahuan), dan sebagainya.

Jadi investasi jangka panjang berarti investasi yang dilakukan pada jangka waktu panjang dengan harapan mendapat imbal hasil yang besar juga.

Jika anda tertarik membeli saham investasi jangka panjang, maka anda harus mengenal dan mengetahui fundamental perusahaan supaya anda tidak terjebak dan “membeli kucing dalam karung”. Berikut kami berikan 6 tips dalam memilih saham investasi jangka panjang (> 1 tahun) beserta tools pendukungnya:

 

Tips Memilih Saham Investasi Jangka Panjang
– 1. Pertumbuhan laba konsisten –

Tips pertama dalam memilih saham untuk investasi jangka panjang adalah perusahaan harus konsisten dalam menghasilkan pertumbuhan laba. Laba perusahaan dapat anda lihat dari Earning Per Share (EPS) pada laporan keuangan atau aplikasi pendukung yang anda miliki (Baca: 4 Aplikasi Smartphone Yang Wajib Dimiliki Oleh Trader Saham).

 

– 2. perhatikan roe perusahaan –

Return On Equity (ROE) adalah rasio kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari modal yang telah diinvestasikan. ROE mencerminkan seberapa efektif perusahaan dalam mengelola modal. Jika sebuah perusahaan memiliki modal 100 milyar dan laba 10 milyar, berarti ROE perusahaan tersebut adalah 10%.

ROE 10%-20% adalah rasio yang cukup bagus, ROE > 20% adalah rasio yang bagus.

 

– 3. Perhatikan PER PErusahaan –

Price To Earning Ratio (PER) adalah rasio perbandingan harga saham dengan laba perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki laba per lembar saham sebesar 10 rupiah, dan harga saham 100 rupiah, maka PER perusahaan tersebut adalah 10x. Semakin kecil PER perusahaan, tandanya harga perusahaan tersebut semakin murah.

 

– 4. Perhatikan PBV Perusahaan –

Price To Book Value (PBV) adalah rasio harga saham dengan nilai buku perusahaan.

Penjelasan dengan contoh:

  • PBV 1 = Nilai buku perusahaan 100 rupiah, anda beli dengan harga 100 rupiah. 
  • PBV 0,5 = Nilai buku perusahaan 100 rupiah, anda beli dengan harga 50 rupiah (murah).
  • PBV 2 = Nilai buku perusahaan 100 rupiah, anda beli dengan harga 200 rupiah (mahal).

PBV < 1 adalah harga yang dianggap murah.

 

 5. Perhatikan DER Perusahaan

Debt To Equity Ratio (DER) adalah rasio perbandingan hutang dengan ekuitas perusahaan.

Penjelasan dengan contoh:

  • Perusahaan XYZ memiliki aset sebesar 10 milyar.
  • Perusahaan XYZ memiliki liabilitas sebesar 5 milyar.
  • Ekuitas = (aset – liabilitas) = (10 milyar – 5 milyar) = 5 milyar.
  • DER = (liabilitas / ekuitas) = (5 / 5) = 1.

DER < 1 menandakan perusahaan yang lebih stabil karena hutangnya kecil.

Beberapa sektor bisnis seperti perbankan memiliki DER yang lebih tinggi (> 1). Anda bisa membandingkan saham pada sektor yang sama bila menemukan hal seperti ini, misalnya bandingkan DER bank BRI dengan bank BCA (lebih kecil lebih baik).

 

– 6. Manajemen Perusahaan Yang Baik –

Manajemen yang baik akan membuat perusahaan bekerja dengan lebih efisien dan teratur. Disarankan untuk memilih perusahaan yang memiliki sistem Good Corporate Governance (GCG) untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Tools

Ada banyak tools diluaran yang dapat membantu untuk melihat nilai fundamental dari sebuah perusahaan, tetapi pada artikel ini kami hanya akan membahas satu tool saja, karena tool ini sudah bisa memberikan informasi lengkap tentang data yang kita butuhkan.

Tool yang kami maksud disini adalah bot HQSahamIDX

HQSahamIDX adalah bot pada aplikasi telegram yang dapat memberi anda informasi tentang teknikal dan fundamental dari sebuah saham. Anda bisa menemukan bot HQSahamIDX dengan mencari username @HQSahamIDX_bot pada aplikasi telegram anda.

Contoh penggunaan bot HQSahamIDX untuk meminta informasi fundamental perusahaan:

 

– Melihat Pertumbuhan Laba Perusahaan –

Gunakan perintah “/FC [Kode Saham] 8 A” untuk melihat laba bersih (tahunan) perusahaan beberapa tahun ke belakang.

Contoh: /FC BBRI 8 A

tips memilih saham investasi jangka panjang, tips investasi jangka panjang, investasi jangka panjang, investasi, saham investasi jangka panjang

Dari sini kita bisa melihat pertumbuhan laba bersih BBRI sangat baik dan konsisten dari tahun ke tahun.

 

– Screening Perusahaan Dengan Kriteria Fundamental Pilihan Anda –

Jumlah perusahaan yang telah listing di BEI ada 500 lebih, tentunya akan sangat melelahkan bila anda mencari perusahaan dengan fundamental yang anda inginkan satu per satu. Dengan bantuan bot HQSahamIDX anda bisa langsung dengan mudah mencari saham dengan kriteria yang anda inginkan.

Contoh penggunaan bot HQSahamIDX untuk screening fundamental:

  • /SF PBV<1
    Perintah ini akan menampilkan list perusahaan dengan PBV dibawah 1

tips memilih saham investasi jangka panjang, tips investasi jangka panjang, investasi jangka panjang, investasi, saham investasi jangka panjang

 

  • /SF PER#1,10
    Perintah ini akan menampilkan list perusahaan dengan PER 1 hingga 10. Tanda # disini melambangkan “antara” atau “between

tips memilih saham investasi jangka panjang, tips investasi jangka panjang, investasi jangka panjang, investasi, saham investasi jangka panjang

 

  • /SF ROE#15,20 PER#1,10 PBV<1 DER<1
    Perintah ini akan menampilkan list perusahaan yang memenuhi seluruh kriteria yang kita inginkan. Bila perusahaan hanya memenuhi 1 atau 2 kriteria saja, tidak akan ditampilkan. Kriteria pada contoh ini adalah ROE 15 hingga 20, PER 1 hingga 10, PBV dibawah 1, dan DER dibawah 1.

tips memilih saham investasi jangka panjang, tips investasi jangka panjang, investasi jangka panjang, investasi, saham investasi jangka panjang

 

Perhatikan cara penulisan perintah-perintah tersebut:

  • Jika ingin memilih lebih dari 1 kriteria, cukup gunakan “spasi” sebagai pemisah.
  • Tanda # digunakan sebagai tanda “between“, PER#1,10 memberi list perusahaan dengan PER 1 hingga 10.
  • Jangan lupa menggunakan tanda “,” sebagai pemisah pada saat menggunakan tanda #.

Masih banyak fitur screening fundamental yang dapat anda manfaatkan dari bot HQSahamIDX. Silahkan pelajari perintah-perintah yang bisa anda pakai disini.

 

– Donasi –

Bot HQSahamIDX dapat anda gunakan secara gratis. Namun apabila anda sudah memakai bot ini, dan merasa fitur-fitur yang diberikan sangat berguna, anda bisa mendonasikan uang anda untuk membantu biaya operasional dengan menggunakan perintah /donasi. Donasi anda akan membantu kelangsungan hidup bot ini, dan membuat bot ini tetap bisa diakses secara gratis.

 

Sekian tips dari kami dalam memilih saham investasi jangka panjang.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.